Ingredien Kosmetik

Kalau selama ini kita selalu membicarakan dan memperhatikan ingredient atau komposisi dari suatu produk pangan, maka kesempatan kali ini kita mencoba untuk melongok pada komposisi suatu produk kosmetik serta pengenalan istilah-istilah dalam kosmetika.

Dulu, perusahaan kosmetika menggantungkan pada bahan-bahan yang memiliki khasiat misterius, seperti minyak yang diperoleh dari kura-kura yang meningkatkan peremajaan kulit atau mengencangkan otot yang terdapat di dagu. Kemudian minyak ikan paus, royal jelly yang berasal dari lebah ratu, ekstraks embrio anka ayam, serum darah kuda, dan ekstrak kulit babi yang mempunyai khasiat khusus.

Berikut adalah istilah-istilah yang digunakan sebagai ingredient kosmetika:

Liposome

Berbentuk kantung-kantung mikroskopik, terdiri dari berbagai bahan lemak, termasuk fosfolipid. Fosfolipid adalah komponen natural dari membrane sel. Namun bahan yang digunakan dalam kosmetika bisa berasal dari alami atau pun sintetik. Jika bahan tersebut tercampur air dengan sempurna, maka fosfolipid akan membentuk bulatan liposome yang akan menangkap bahan yang akan terlarut dalam air atau dalam minyak.

Produsen mengatakan bahwa liposome bertindak seperti system pengiriman. Klaim demikian karena dengan adanya kream atau pun lotion, liposome daapt lebih mudah terpenetrasi ke dalam permukaan kulit untuk mendasari lapisan, kemudian meleleh dan menyimpan ingredient lain.

Nayad

Adalah anma dagang untuk ekstraks khamir. Berdasarkan literature, naiad digambarkan sebagai suatu system yang baru dimana sel-sel khamirnya diambil serta dimurnikan ratusan kali. Sehingga menghasilkan produk konsentrat tinggi, bebas baud an ekstraks khamir yang memiliki potensi yang luar biasa. Namun demikian belum bisa dijelaskan bagaimana cara kerja produk tersebut. Yang diketahui bahwa penggunaan naiad memberikan hasil yang luar biasa, kulit menjadi mulus, tanpa ada kerutan dan garis penuaan.

Vitamin

Sebagaimana halnya pangan yang mengandung vitamin ADEK dan beberapa vitamin B kompleks, maka pengusaha kosmetika pun tidak mau kalah. Dengan adanya penambahan vitamin dalam formula kosmetika, maka kulit akan menjadi lebih baik, terpelihara karena keberadaan vitamin dianggapsebagai pensuplai gizi makanan untuk kulit. Walaupun menurut Direktur FDA divisi kosmetika, Stanley R Milstein Phd belum ada bukti klinis bahwa vitamin-vitamin tersebut dapat mensuplai gizi atau makanan bagi kulit.

Aloe Vera

Suatu tanaman dari famili lili yang memiliki sifat sebagai anti iritasi. Sudah dikenal sebelum zaman Cleopatra.

Plasenta Manusia

Plasenta telah digunakan sebagai bahan kosmetika sejak tahun 1940. Khasiatnya menghilangkan kerutan, menstimulir pertumbuhan jaringan menjadikan plasenta dikenal sebagai kelompok obat, yang kemudian oleh FDA dikatakan misbranded.

Amniotik Liquid

Cairan yang berada di sekitar janin yang berungsi untuk melindungi janin dari benturan fisik. Memiliki keuntungan yang sama dengan plasenta manusia serta penggunaanya terbatas pada penggunaan pelembab, lotion rambut dan perawatan kulit kepala serta shampo. Bahan tersebut yang biasa digunakan untuk kosmetik berasal dari sapi atau lembu jantan.

Kollagen

Bahan ini bisa berasal dari sapi dan babi. Penelitian telah dilakukan pada berbagai tipe dan penggunaan kolagen. Pada kosmetik, kolagen memiliki efek melembabkan, karena kollagen tidak larut air, tetapi sebaliknya menahan air.

Cerebroside

Bahan ini dapat berasal dari hewan atau tanaman. Cerebroside termasuk dalam kelompok glikolipid yang terdiri dari bahan lemak dan karbohidrat. Diproduksi secara alami dalam sel epidermal basal , merupakan lapisan kulit paling dalam . Setelah cerebroside terbentuk, maka ia akan tereksresi keluar sel kemudia bertindak sebagai lapisan pelindung. Karena sel baru terbentuk di lapisan dibawah kulit, kulit yang lebih tua akan bergerak menuju permukaan dan menjadi kering.

Bahan yang digunakan dapat bersumber dari sapi, lembu jantan, sel otak babi atau jaringan-jaringan system syaraf.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: