Kode E pada Makanan dan Minuman

Kode E yang diikuti dengan nomor tertentu dalam formulasi produk makanan dan minuman, sering dikenal dengan istilah “E-Numbers”. Sistem penomoran ini telah disepakati Komisi Uni Eropa, Scientific Committee On Food (SCF) menunjukkan bahwa bahan tersebut telah disetujui digunakan sebagai bahan tambahan pangan dan untuk memudahkan klasifikasi serta identifikasi bahan-bahan yang sangat banyak jumlahnya.

Klasifikasi bahan tambahan pangan ini antara lain :  E 100-E 199 untuk pewarna, E 200-E 299 untuk pengawet, E 300-E399 untuk antioksidan dan pengompleks, dan seterusnya hingga E 1400-E 1499 untuk pati dan turunan/ derivatnya. Perlu diketahui juga kode E 700-E-899 adalah bahan-bahan tambahan yang tidak digunakan untuk produk pangan manusia tapi digunakan untuk pakan ternak.

Kode E tidak menggambarkan apakah produk pangan tersebut halal ataukah haram. Untuk mengetahui halal dan haramnya kode E yang dipakai, harus dikaji dahulku bahan tersebut. Sebenarnya bahan apa? Diperoleh/diproses dari bahan halal ataukah haram? Misanya kode yang saudara sebutkan, E 100, adalah termasuk kelompok pewarna pangan, nama kimia bahanya turmeric atau curcumin, untuk memberi warna kuning; bahan ini diekstrak dari curcuma longa, dan termasuk halal untuk konsumen yang beragama islam.

E331 adalah garam natrium sitrat, termasuk kelompok antioksidan; bahan ini juga halal. Tetapi harap hati-hati degan kelompok bahan pengemulsi misalnya E441, adalah gelatin yang diperoleh/diproses dari hewan. Kalau berasal dari babi jelas haramnya. Kalau dari sapi, harus diupayakan dari sapi yang disembelih secara islami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: