Minuman Keras dalam Berbagai Bentuk

Bukan rahasia lagi bahwa menu minuman di restoran atau café banyakmenghidagkan berbagai minuman keras. Mulai dari yang ringan dengan kadar alkohol kurang dari 5% hingga yang berat dengan kadar alkohol di atas 15%. Konsumen muslim yang peduli dengan kehalalan makanan dan minumannya tentu sudah sangat maklum akan hal itu, sehingga bisa menghindarinya dengan mudah.

Ketika kita datang ke sebuah restoran, selama ini kita merasa cukup aman dengan hanya memesan minuman jus buah yang dalam pandangan kita bebas dari minuman keras. Tetapi apa jadinya jika minuman jus itupun harus bersentuhan dengan khamer yang diharamkan?

Memang jus atau . Konsumen muslim yang peduli dengan kehalalan makanan dan minumannya tentu sudah sangat maklum akan hal itu, sehingga bisa menghindarinya dengan mudah.

Ketika kita datang ke sebuah restoran, selama ini kita merasa cukup aman dengan hanya memesan minuman jus buah yang dalam pandangan kita bebas dari minuman keras. Tetapi apa jadinya jika minuman jus itupun harus bersentuhan dengan khamer yang diharamkan?

Memang jus atau “punch” yang dicampur dengan dengan minuman keras itu hanya menggunakan dosis yang sangat kecil. Khamer hanya dijadikan penguat rasa (booster) yang memberikan efek lain dalam minuman tersebut. Tetapi sekecil apapun, jika khamer yang ditambahkan pada suatu minuman, maka hukumnya akan tetap haram. Tidak ada toleransi dalam hal ini.

Kasus yang sama juga terjadi pada minuman lain, seperti kopi, kapucino, moca dan beberapa minuman coklat. Selama ini masyarakat awam hanya melihat kopi sebagai minuman yang berasal dari biji-bijian. Oleh karena itu asumsinya adalah halal, meskipun restoran tersebut memang tidak mencantumkan sertifikat halal.

Ternyata beberapa restoran dan café juga menyediakan minuman kopi dan coklat lengkap dengan campuran sedikit minuman alcohol di dalamnya. Ada menu-menu yang berasal dari daerah tertentu , atau dikreasi oleh koki tertentu. Misalnya kopi capucino, expresso, dsb.

MIRAS

-Dalam Masakan

Cah Kangkung

Daging Panggang

Udang Rebus

Tumisan

-Dalam Minuman

Fruit Punch

Capucino

Aneka Juice

Aneka Kopi

-Dalam Jamu

Anggur Beras Kencur

Anggur Kolesom

-Dalam Coklat

Berbagai Jenis Coklat

-Makanan Penutup

Tiramisu

-Bir

WINE, ANGGUR OBAT, LIQUOR, WHISKY, BRANDY, GENEVER, COGNAC, GIN, ARAK, RUM, VODKA, TUAK, SPIRIT, DLL.

-Produk Sampingan/Turunan

Flavor – Sirup, Permen, Coklat, Cake, Dll.

Yeast

Tartaric Acid

(Sb: Jurnal HALAL No. 62/X/2006)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: