TIRAMISU

Tiramisu adalah cake berlapis atau sponge cake yang direndam dalam suatu minuma keras dengan tambahan coklat dan custard. Kualitas tiramisu tidak tergantung pada teknik pembuatan lapisannya tapi lebih pada komponen komponen yang digunakannya. Kombinasi yang boleh dikatakan menghasilkan tiramisu berkualitas tinggi adalah kombinasi kopi, krem zabaglione dan coklat. Zabaglione biasanya dipersiapkan dengan menggunakan sweet Cyprus wine (suatu jenis wine yang berasal dari yunani)

Tiramisu adalah suatu jenis makanan pencuci mulut (dessert) yang berasal dari Eropa, tepatnya dari Negara Itali. Namun resep ini baru saja ditemukan pada tahun 1985, artinya resep ini tidak akan pernah dijumpai pada buku resep masakan italic kuno.

Tiramisu memiliki arti dalam bahasa italic yaitu “pick me up” (jemput saya). Hal ini dikarenakan jenis makanan ini mengandung energi yang tinggi, karena bahan utamanya terdiri dari telur dan gula serta caffeine yang berasal dari kopi ekspresso yang kuat.

Jadi, sebagai konsumen muslim kita harus berhati-hati jika akan mengkonsumsi dessert yang bernama Tiramisu ini. Karena berdasarkan resep aslinya, pasti menggunakan suatu jenis minuman keras (miras)

(Sb: Jurnal HALAL No. 62/X/2006)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: